Universitas yang Ada Jurusan Pertambangan di Yogyakarta
Ilustrasi by Macrovector | Freepik

Universitas yang Ada Jurusan Pertambangan di Yogyakarta - Indonesia kaya akan hasil sumber daya alamanya. Salah satunya adalah disektor tambang, seperti batu bara, minyak bumi, gas bumi, emas, tembaga, nikel dan lain sebagainya. Hal ini membuat pertambangan menjadi prospek yang cukup menjajikan bagai para pekerja.

Gaji yang menggiurkan membuat banyak yang ingin masuk kedalam industri pertambangan di Indonesia. Jika kamu adalah salah satu yang tertarik untuk berkerja di industri pertambangan, maka jurusan yang harus kamu ambil saat masuk ke perguruan tinggi adalah teknik pertambangan.

Dikutip dari situs Danacita, Teknik pertambangan adalah jurusan yang mempelajari proses pertambangan mineral dan batu bara. Tenaga ahli pertambangan memiliki tanggung jawab dalam mengesplorasi, mengekspolitas, serta pemrosesan pertambangan yang ada di Indonesi.

Prospek Kerja Jurusan Pertambangan

Selain memiliki penghasilan yang tinggi. Jurusan pertambangan juga memiliki prospek kerja yang cukup luas. Berikut ini beberapa prospek kerja jurusan pertambangan.

  • Industri Pertambangan
  • Teknisi Konversi Lingkungan
  • Teknisi Laboratorium
  • Ahli Tambang dan Geologi
  • Ahli Hidrologi
  • Instansi Pemerintah
  • Pegawai Swasta atau BUMN
  • Pengajar dan Peneliti
  • dll.

Jurusan teknik pertambangan sendiri tersebar di beberapa universitas di Indonesia. Salah satunya adalah di Yogyakarta. Buat kamu yang ingin kulih di Yogyakarta, pada artikel ini akan membahas universitas di Yogyakarta yang terdapat jurusan pertambangan. 

Universitas yang Ada Jurusan Perambangan di Yogyakarta

1. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta


Jurusan Pertambangan UPN Veteran Yogyakarta
Jurusan Teknik Pertambangan UPN Veteran Yogyakarta | Website UPNVY

Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta atau biasa disingkat UPN "Veteran", merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia yang berlokasi di Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada saat didirikan, UPN "Veteran" Yogyakarta hanya memiliki 3 jurusan. Sekarang UPN "Veteran" Yogyakarta memiliki 5 fakultas yang terdiri dari 1 program studi untuk D-3, 21 program studi untuk S-1, 8 program studi untuk S-2, serta 1 program studi untuk S-3.

Progam Studi Sarjana Teknik Pertambangan UPN Veteran Yogyakarta mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT pada 2016. Terkait konsentrasi jurusan, Teknik Pertambangan UPN “Veteran” Yogyakarta hanya mempelajari tambang umum, dari proses prospeksi hingga proses pasca tambang. Untuk menunjang proses perkuliah, progam studi Teknik Pertambangan memiliki laboratorium. Pada Kampus I terdapat Laboratorium Perpetaan dan Ukur Tambang, Laboratorium Pengolahan Mineral, dan Laboratorium Simulasi dan Komputasi Tambang. Sedangkan di Kampus II terdapat Laboratorium Mekanika Batuan, Mekanika Tanah, Ventilasi Tambang, Analisis Batu Bara, dan Laboratorium Teknik Peledakan.

Fakultas Tekologi Mineral
Status : Perguruan Tinggi Negeri
Akreditasi A
Lokasi :
Kampus 1
Jl. Padjajaran, Sleman, Yogyakarta, Indonesia. 55283

2. Institut Tekonologi Yogyakarta (ITY)

Jurusan Teknik Pertambangan Institut Teknologi Yogyakarta
Jurusan Teknik Pertambangan Institut Teknologi Yogyakrta

Institut Teknologi Yogyakarta (ITY) merupakan perguruan tinggi swasta yang mengusung pendidikan lingkungan berbasis green technologi. Institut Teknologi Yogyakarta memiliki 4 kampus yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Program studi Teknik pertambangan Institut Teknologi Yogyakarta (ITY) mempelajari tentang penyelidikan umum, eksplorasi, ekploitasi, pengolahan, keselamatan, nilai ekonomi mineral dan tanggung jawab terhadap lingkungan, serta manajemen sumber daya mineral dan batubara. Teknik pertambangan ITY merupakan program studi yang berbasis teknologi hijau berkelanjutan, mengelola bahan tambang dari hulu sampai hilir secara berkesinambungan dengan mengedepankan aspek lingkungan.

Fakultas Tekologi Sumber Daya Alam
Status : Perguruan Tinggi Swasta
Akreditasi Baik 
Lokasi :
Kampus 1 - Jl. Janti Km 4 Gedongkuning, Banguntapan, Bantul, DIY 
Kampus 2 - Winong, Tinalan, Kotagede, Kota Yogyakarta, DIY 
Kampus 3 - Jl. Kebun Raya No 39, Rejowinangun, Kotagede, Kota Yogyakarta, DIY 
Kampus 4 - Jl. Perintis Kemerdekaan No 188, Kota Yogyakarta, DIY

3. Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY)

Jurusan Teknik Pertambangan Institut Teknologi Nasional Yogyakrta
Teknik Pertambangan Institut Teknologi Nasional Yogyakarta

Universitas di Jogja selanjutnya yang memiliki progam studi teknik pertambangan adalah Institut Teknologi Nasional Yogyakarta.  Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) merpakan institusi pendidikan yang mengusung visi untuk menjadi perguruan tinggi yang unggul dibidang teknologi dan technopreneurship, khususny dalam pengelolaan energi dan lingkungan berkelanjutan.

Tenik Pertambangan Institut Teknologi Nasional Yogyakarta berdiri berdasarkan Nomer SK Pendirian PS 361/D/T/2004 pada tanggal 13 April 2004. Sedangkan penyelenggarakan program studi Teknik pertambangan pada bulan agustus 2004. Adapun fasilitas yang diberikan untuk prodi teknik pertambangan di  Institut Teknologi Nasional Yogyakarta berupa Kampus Lapangan, Laboratorium dan Kelompok Studi.

Fakultas Tekologi Mineral
Status : Perguruan Tinggi Swasta
Akreditasi Baik Sekali
Lokasi :
Kampus Terpadu ITNY Jalan Babarsari Caturtunggal Depok Sleman Yogyakarta 55281

Nah itu tadi beberapa daftar rekomendasi perguruan tinggi di Jogja yang terdapat jurusan Teknik Pertambangan Semoga dapat bermanfaat buat teman-teman.


Post a Comment

Previous Post Next Post