Daftar Universitas di Solo Yang Terdapat Jurusan Farmasi
Image by zinkevych | Freepik

Daftar Universitas di Solo Yang Terdapat Jurusan Farmasi - Solo memiliki banyak perguruan tinggi yang bisa menjadi alternatif selain kota Jogja untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Terdapat perguruan tinggi negeri maupun swasta yang tersebar di Solo dengan berbagai jurusan. Kota Solo memiliki Universitas dengan Jurusan Farmasi yang berkualitas yang bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat.

Dikutip dari situs Ruang Guru, Jurusan Farmasi adalah program studi yang berada di bawah payung ilmu medis. Apa itu farmasi? Farmasi adalah gabungan antara ilmu kesehatan dan ilmu kimia yang mempelajari segala seluk-beluk tentang obat. Selain ilmu mengenai kesehatan dan obat-obatan, kamu juga akan belajar tentang manajemen dan juga pemasaran untuk obat.

Jurusan Farmasi menjadi pilihan favorit buat kamu yang ingin masuk ke dunia medis selain menjadi dokter atau perawat. Lulusan Farmasi memiliki prospek kerja yang cukup luas. Hal umum yang sering dijumpai sebagai lulusan Farmasi  adalah sebagai tenaga medis dan apoteker. Namun, selain dua profesi tersebut, masih banyak prospek yang menanti lulusan Jurusan Farmasi. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

Prospek Lulusan Jurusan Farmasi

  • Staf Administrasi di Pelayanan Kesehatan
  • Staf Bidang Riset dan Pengembangan
  • Farmasi Industri
  • Industri Kosmetik
  • Manajemen Farmasi
  • Peneliti Farmasi
  • Toksikologi
  • Dosen
  • Pharmapreneur

Berikut ini Universitas di Solo yang miliki jurusan Farmasi. Terdapat perguruan tinggi negeri dan swasta yang bisa dijadikan bahan pertimbangan jika kamu tertarik untuk mengambil jurusan Farmasi di Solo. Berikut ini adalah ulusannya.

Daftar Universitas di Solo Yang Terdapat Jurusan Farmasi

1. Universitas Sebelas Maret (UNS)


Jurusan Farmasi Universitas Sebelas Maret (UNS)
Jurusan Farmasi Universitas Sebelas Maret (UNS)

Universitas pertama yang terdapat Jurusan Farmasi adalah Universitas Sebelas Maret (UNS). Sesuai dengan namanya Universitas Sebelah Maret (UNS) berdiri pada 11 Maret 1976 sebagai Perguruan Tinggi Negeri di Solo. 

Progam Studi Farmasi merupakan salah satu Progam Studi di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam di  Universitas Sebelas Maret (UNS). Berdiri pada tanggal 2 Mei 2013 berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 209/E/O/2013. PS S1 Farmasi FMIPA UNS didirikan dalam rangka memenuhi kebutuhan pasar akan tenaga farmasis yang unggul serta atas dorongan kemampuan UNS baik SDM maupun sarana prasarana. Sejak 2019, PS S1 Farmasi FMIPA UNS sudah berstatus terakreditasi B (Baik) dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes) berdasarkan SK No. 0201/LAM-PTKes/Akr/Sar/IV/2019. PS S1 Farmasi FMIPA UNS menjadi anggota Asosiasi Perguruan Tinggi Farmasi Indonesia (APTFI) yang ke-88, dan duduk sebagai anggota Majelis APTFI periode 2019-2023.

Info lebih lengkap silahkan kunjungi website resmi Progam Studi S1 Farmasi Fakultas MIPA UNS.
https://mipa.uns.ac.id/farmasi/

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Status : Perguruan Tinggi Negeri
Akreditas Progam Studi Farmasi S1 Farmasi : B (Baik)
Lokasi :
Gedung A Lantai 2 Fakultas MIPA Universitas Sebelas Maret
Jl. Ir. Sutami No. 36 A, Kentingan, Jebres, Surakarta 57126

2. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)


Jurusan Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)
Jurusan Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) adalah lembaga pendidikan tinggi di bawah persyarikatan Muhammadiyah yang berdirii pada 24 Oktober 1981 sebagai perubahan bentuk dari IKIP Muhammadiyah Surakarta.

3 kenapa memilih Jurusan Farmasi di Universitas Muhammadiyah (UMS) .
  • Akreditasi nasional: Program Studi ini telah terakreditasi "Unggul" oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes). 
  • Akreditasi internasional: Program Studi ini telah memenuhi standar kualitas dari ASEAN University Netwok Quality Assurance (AUN-QA). 
  • Fasilitas: Farmasi UMS dilengkapi dengan fasilitas yang memadai untuk menunjang kegiatan belajar dan praktik mahasiswa meliputi ruang kuliah, laboratorium, dan OSCE Centre.
Fakultas Farmasi 
Status : Perguruan Tinggi Swasta
Akreditas Progam Studi Farmasi S1 Farmasi : Unggul
Lokasi :
Jl. A. Yani, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah 57169

3. Universitas Duta Bangsa Surakarta


Jurusan Farmasi Universitas Duta Bangsa Surakarta
Jurusan Farmasi Universitas Duta Bangsa Surakarta

Universitas berikutnya yang memiliki jurusan farmasi di kota solo adalah Universitas Duta Bangsa Surakarta. Universitas swasta ini telah mengalami perubahan nama, mulai Akademi Perekam Medik dan Informatika Kesehatan (APIKES), Sekolah Tinggi Manajemen  Informatika  dan Komputer (STMIK) , Akademi Kembidanan Citra Medika dan pada tanggal 18 Agustus 2018 resmi menjadi Universitas Duta Bangsa Surakarta.

Saat ini Universitas Duta Bangasa Surakarta memiliki 4 Fakultas, salah satunya Fakultas Ilmu Kesehatan dengan Prodi Farmasi sebagai salah satu progam unggulannya. Tujuan dari Progam Studi Farmasi adalah menghasilkan lulusan yang unggul dalam bidang farmasi terutama dalam pengembangan obat yang berasal dari bahan alam. Diharapkan mahasiswa mampu melakukan pengembangan dan mampu memformulasi sediaan farmasi, obat herbal serta mampu menerapkan keilmuannya sesuai dengan kompetensi yang dimiliki.

Fakultas Ilmu Kesehatan
Status : Perguruan Tinggi Swasta
Akreditas Progam Studi Farmasi S1 Farmasi : Baik
Lokasi :  Fakultas Ilmu Kesehatan 
Jl. KH. Samanhudi 93 Sondakan, Laweyan, Surakarta

4. Universitas Sahid Surakarta (USAHID)


Jurusan Farmasi Universitas Sahid Surakarta (USAHID)
Jurusan Farmasi Universitas Sahid Surakarta (USAHID)

Kampus Usahid Surakarta terletak di Jalan protokol di Kota Surakarta. Berjarak 7,9 km dari Bandara Adisumarmo dengan waktu tempuh hanya 16 menit, 4,5 km dari Stasiun Balapan dengan waktu tempuh 12 menit, 4,8 km dari Stasiun Purwosari dengan waktu tempuh 12 menit, 4,5 km dari Terminal Tirtonadi dengan waktu tempuh 10 menit. 

Program  Studi  Farmasi  merupakan  salah  satu  Program Studi  di  Fakultas  Sains,  Teknologi  dan  Kesehatan  Universitas  Sahid Surakarta. Program studi Farmasi Fakultas Sains Teknologi dan Kesehatan menghasilkan lulusan berjiwa kewirausahaan dan kompeten di bidang farmasi klinik komunitas dan bahan alam.

Fakultas  Sains,  Teknologi  dan  Kesehatan 
Status : Perguruan Tinggi Swasta
Akreditas Progam Studi Farmasi S1 Farmasi : C (Cukup)
Lokasi : Jl Adi Sucipto No 154 Jajar Surakarta

5. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nasional (STIKESNAS)


Jurusan Farmasi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nasional (STIKESNAS)
Jurusan Farmasi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nasional (STIKESNAS)

STIKES NASIONAL merupakan perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Pharmasi Nasional Surakarta yang telah berdiri sejak tahun 12 September 1957. Dalam upaya mendukung tujuan pendidikan nasional dalam Undang-undang No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, maka Yayasan Pendidikan Pharmasi Nasional menyelenggarakan jenjang pendidikan Program Studi Strata Satu (S1) Farmasi STIKES Nasional.

Program Studi S1 Farmasi STIKES Nasional memiliki spesifikasi pada kompetensi unggulan Farmasi Bahan Alam sebagai penciri dan pembeda dari Program Studi S1 Farmasi yang lain dengan memiliki kemampuan, keterampilan, dan pengetahuan yang lebih tinggi dalam mengeksplorasi obat yang bersumber dari alam.

Status : Perguruan Tinggi Swasta
Akreditas Progam Studi Farmasi S1 Farmasi : C (Cukup)
Lokasi : Kampus I Jl. Solo Baki, Kwarasan, Grogol, Jawa Tengah, Indonesia

6. Universitas Setia Budi 


Jurusan Farmasi Universitas Setia Budi Surakarta
Jurusan Farmasi Universitas Setia Budi 

Program Studi S-1 Farmasi Universitas Setia Budi dapat ditempuh dalam 8 semester (4 tahun) dengan beban studi sebanyak 148 SKS, dengan 140 sks mata kuliah dan 8 sks mata kuliah pilihan, dilengkapi dengan mata kuliah KKL untuk menunjang pengetahuan tentang pelayanan kefarmasian.

Program Studi S-1 Farmasi Universitas Setia Budi bekerjasama dengan Industri Farmasi, Rumah Sakit, apotek, Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Vektor dan Reservoir Penyakit (BBPPVRP) Salatiga, dan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional - Tawangmangu (B2P2TO2T/ BPTO).

Lulusan Progam Studi S-1 Farmasi Universitas Setia Budi diharpkan mampu melaksanakan pekerjaan kefarmasian di bidang produksi, distribusi dan pelayanan kefarmasian serta pengawasan dan kebijakan sediaan farmasi yang dijiwai nilai-nilai agama dan berbudi pekerti luhur.


Fakultas  Farmasi
Status : Perguruan Tinggi Swasta
Akreditas Progam Studi Farmasi S1 Farmasi : B
Lokasi : Jl. Letjen Sutoyo, Mojosongo, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57127

7. Universitas Kusuma Husada Surakarta


Jurusan Farmasi Universitas Kusuma Husada Surakarta
Jurusan Farmasi Universitas Kusuma Husada Surakarta

Program studi Sarjana Farmasi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kusuma Husada Surakarta berdiri pada tahun 2018 dengan SK Ristekdikti nomor 1184/KPT/ I/ 2018 pada tanggal 27 Desember 2018. Program stusi Sarjana Farmasi memiliki keunggulan program studi di bidang farmasi klinis-komunitas dan pengembangan produk herbal.

Penyelenggaraan pendidikan program studi Farmasi Program Srajana dilaksanakan dengan sistem kredit semester (SKS). Beban studi tahap program pendidikan pada program Sarjana Farmasi minimal 147 (seratus empat puluh tujuh) SKS yang terdiri dari 14 SKS mata kuliah umum wajib, 123 SKS mata kuliah wajib program studi dan minimal 4 SKS mata kuliah pilihan program studi serta skripsi/tugas akhir yang setara 6 SKS yang dijadwalkan untuk 8 (delapan) semester dan dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 8 (delapan) semester dan selama-lamanya 14 (empat belas) semester setelah kegiatan akademik awal semester pertama.


Fakultas  Ilmu Kesehatan
Status : Perguruan Tinggi Swasta
Akreditas Progam Studi Farmasi S1 Farmasi : Baik
Lokasi : Jl. Jaya Wijaya No.11 Kadipiro, Banjarsari, Surakarta

8. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mamba'ul 'Ulum Surakarta


Jurusan Farmasi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mamba'ul 'Ulum Surakarta
Jurusan Farmasi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mamba'ul 'Ulum Surakarta

Progam Studi S1 Farmasi STIKESMUS memiliki visi menjadi program studi farmasi yang unggul dalam komunitas klinik dan sains bahan alam di tingkat nasional berbasis nilai-nilai Islam pada tahun 2032

Status : Perguruan Tinggi Swasta
Akreditas Progam Studi Farmasi S1 Farmasi : C 
Lokasi : Yayasan Perguruan Tinggi Islam Surakarta, Jalan Ringroad Utara, Mojosongo, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57127

Nah itu tadi beberapa daftar rekomendasi perguruan tinggi di Solo yang terdapat jurusan Farmasi .Semoga dapat bermanfaat buat teman-teman.



Post a Comment

Previous Post Next Post