Universitas di Jogja Yang Terdapat Prodi PGSD


Banyak pilihan jurusan di perguruan tinggi yang bisa dipilih sesuai dengan pasion dan cita-cita kamu. Jika kamu senang mengajari anak-anak dan dan berkeinginan menjadi seorang guru, jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) bisa menjadi pilihan yang tepat.

Dikutip dari laman Brain Academy, PGSD sendiri adalah singkatan dari Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang mempelajari tata cara mendidik seorang anak usia SD, mulai dari akademik hingga karakternya. Jurusan ini nggak melulu belajar hal yang bersifat akademis, tetapi juga belajar hal yang berkaitan dengan perkembangan kepribadian anak. Program studi PGSD dapat kamu temui di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Adapun prospek kerja lulusan dari Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) adalah sebagai berikut :

  • Tenaga Pendidik
  • Peneliti Pendidik
  • Konsultan Pendidik
  • dll
Buat kamu yang ingin kuliah di Jogja, berikikut ini Universitas yang terdapat progam studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yang bisa jadi rekomendasi.

Daftar Universitas di Jogja Yang Terdapat Prodi PGSD

1. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)


Jurusan PGSD UNY
PGSD UNY | Website UNY

UNY merupakan salah satu pergurunan tinggi negri terbaik di Yogyakarta. sebelum bernama UNY seperti sekarang, dahulu pada saat awal pendirian bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Yogyakarta pada 21 Mei 1964. Barulah pada Agustus 1999 IKIP Yogyakarta secara resmi menjadi Universitas Negri Yogyakarta.

Salah satu jurusan yang paling  diminati di UNY adalah PGSD. Berdasarkan  animo pada tahun 2022 sebanyak 6201 pendaftar dengan daya tampung sebanyak 240, hal ini menjadi daya tampung terbanyak diantara semua prodi di UNY pada tahun 2022.

Pada Prodi PGSD UNY kamu akan mempelajari prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar, mempelajari konsep dasar lima bidang studi utama (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, dan PPKn) di sekolah dasar, mempelajari konsep, teori, prinsip kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, sumber dan media pembelajaran, prinsip penilaian proses dan produk pembelajaran di sekolah dasar. 

Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
Perguruan Tinggi Negeri
Akreditasi Unggul

Lokasi : 

Fakultas Ilmu Pendidikan UNY dan Psikologi

Jl. Colombo No. 1, Karangmalang, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Santren, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281



2. Universitas Ahmad Dahlan (UAD)


PGSD UAD
PGSD UAD | Website News UAD


Universitas Ahmad Dahlan (UAD) adalah perguruan tinggi swasta di Yogyakarta. Universitas Ahmad Dahlan didirikan pada 18 November 1960 yang merupakan pengembangan dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Yogyakarta. Institut Keguruan dan llmu Pendidikan Muhammadiyah Yogyakarta sebagai lembaga pendidikan tinggi merupakan pengembangan FKIP Muhammadiyah Cabang Jakarta di Yogyakarta. 

Pada tanggal 19 Desember 1994 dengan Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 102/D/0/1994 ditetapkan bahwa IKIP Muhammadiyah Yogyakarta beralih fungsi menjadi Universitas Ahmad Dahlan.

Universitas Ahmad Dahlan merupakan salah satu pergurun tinggi di Yogyakarta yang memiliki progam studi PGSD. Pada tahun 2019 mencapai akreditasi A berdasarkan SK BAN-PT Nomor 1986/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2019

Visi dari Prodi PGSD FKIP UAD adalah pada tahun 2030 menjadi Progam Studi yang unggul dalam menyiapkan pendidik Sekolah Dasar yang kompeten; menguasai riset, teknologi, dan seni; peduli lingkungan, berwawasan global, dan dijiwai nilai-nilai islam.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Perguruan Tinggi Swasta
Akreditasi A
Lokasi :
Kampus 5 UAD
Jalan Ki Ageng Pemanahan No. 19 Sorosutan Yogyakarta 55164


3. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST)


PGSD UST
PGSD UST | Website FKIP UST

Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa berdiri pada tanggal 15 November 1955 oleh bapak Bapak Pendidikan Nasional yaitu Ki Hadjar Dewantara. Pada Tahun 1983 Sarjanawiyata Tamansiswa resmi  berubah nama menjadi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa memiliki Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, salah satu progam studinya adalah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yang berdiri sejak 28 November 2008 dengan SK Pendirian Program Studi no. 4287/D/T/2008.

Progam Studi PGSD Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa terakreditasi A denganSK no 3320/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2017.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Perguruan Tinggi Swasta
Akreditasi A
Lokasi :
Jl. Batikan, UH-III Jl. Tuntungan No.1043, Tahunan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55167


4. Universitas Sanata Dharma (USD)


PGSD Sanata Dharma
PGSD Sanata Dharma | Virtual Tour Sanata Dharma 

Universitas Sanata Dharma berdiri pada 20 Oktober 1955 yang awalnya sebagai Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) di Yogyakarta. Awalnya PTPG Sanata Dharma memiliki 4 jurusan, yaitu Bahasa Inggris, Sejarah, IPA dan Ilmu Mendidik. Sanata Dharama juga sempat berubah menjadi IKIP pada 1 September 1965.

Akhirnya untuk menyesuaikan diri dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat serta kemajuan zaman, tanggal 20 April 1993 sesuai dengan SK Mendikbud No. 46/D/O/1993, IKIP Sanata Dharma dikembangkan menjadi Universitas Sanata Dharma atau lebih dikenal dengan nama USD. Universitas memiliki 8 fakultas, salah satunya adalah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang terdapat prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Perguruan Tinggi Swasta
Akreditasi Unggul
Lokasi :
Kampus 1 Universitas Sanata Dharma
Jl. Affandi, Mrican, Caturtunggal, Maguwoharjo, Depok, Sleman, DIY 55281



5. Universitas PGRI Yogyakarta (UPY)


PGSD PGRI Yogyakarta
PGSD Universitas PGRI Yogyakarta | Website UPY

Universitas PGRI Yogyakarta (UPY) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarta. Pada awal mulanya Universitas PGRI Yogyakarta berbentuk Institut (IKIP PGRI Yogyakarta) yang berdiri pada 11 Desember 1962. 

Pada tahun 1995 dalam rangka pemenuhan tuntutan akan kebutuhan pembangunan, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta memperhatikan prospek masa depan maka dilaksnakan alih bentuk, dari Institut menjadi Universitas

Fakultas dengan progam studi terbanyak adalah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, salah satunya adalah prodi PGSD yang memiliki akreditas A.

PGSD FKIP UPY memiliki visi pada tahun 2043 menjadi program studi yang unggul dan berdaya saing internasional dalam menghasilkan guru Sekolah Dasar yang BAIK (Berbudaya, Agamis, Inovatif, dan Kreatif)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Perguruan Tinggi Swasta
Akreditasi A
Lokasi :
Jl. PGRI 1 Sonosewu no. 117 PO BOX 1123 Yogyakarta 55182



6. Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta (UNU)


PGSD Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta
PGSD Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta | Website UNU

Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta merupakan kampus berdiri pada tahun 2016. Salah satu progam studi yang dimiliki Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta  adalah Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang terakreditasi Baik atau B.

Fakultas Ilmu Pendidikan
Perguruan Tinggi Swasta
Akreditasi Baik
Lokasi :
Jl. Ringroad Barat, Dowangan, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta.
Jl. Lowanu No.47, Sorosutan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta


Nah itu tadi beberapa daftar rekomendasi perguruan tinggi di Jogja yang terdapat jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PSGD). Semoga dapat bermanfaat buat teman-teman.















































Post a Comment

Previous Post Next Post