Cara Print Bolak Balik di Microsoft Word - Secara umum saat mencetak dokumen di microsoft word adalah berupa satu lembar satu halaman. Tapi tahu gaksih? Ternyata di microsoft word, kita dapat mencetak dokumen secara bolak-balik.  Mencetak dokumen secara bolak-balik memiliki banyak keuntungan. Seprti menghemat kertas dan juga menghemat pengeluaran uang. Contohnya adalah, jika awalnya kita inggin mencetak 100 halaman, maka kita hanya cukup membutuhkan  50 lembar kertas saja. Hal ini dikarenakan 2 halaman dicetak hanya 1 lembar kertas saja.  Untuk itu pada artikel ini akan membahas bagaimana caranya untuk mencetak halaman secara bolak-balik di microsoft word.  Namun sebelum menyetak dokumen secara bolak-balik. Sebaiknya pastikan terlebih dahulu printer yang akan kamu gunakan memiliki fitur duplex printing. Namun, jika printer yang kamu gunakan belum memiliki fitur duplex printing, kamu bisa melakukannya dengan pengaturan manual.  Cara Print Bolak-Balik di Microsoft Word Apabila printer yang kamu gunakan telah suport dengan fitur duplex printing maka kamu bisa langsung mencetak dokumen secara bolak-balik  1. Print Bolak-Balik Secara Otomatis Buka dokumen yang telah siap untuk dicetak secara bolak-balik. Klik File dan pilih menu Print, atau bisa juga dengan shortcut CTRL + P. Setelah masuk pada menu Print, kemudian pada bagian Setting, ubah Print One Sided menjadi Print on Both Sides. Terakhir klik Print untuk mencetak dokumen secara bolak-balik. 2. Print Bolak-Balik Secara Manual Buka dokumen yang telah siap untuk dicetak secara bolak-balik. Klik File dan pilih menu Print, atau bisa juga dengan shortcut CTRL + P. Setelah masuk pada menu Print, kemudian pada bagian Setting,  ganti menjadi Manually Print on Both Sides. Cara Print Bolak-Balik di Microsoft Word Cara print bolak-balik secara manual Terakhir klik Print untuk mencetak dokumen secara bolak-balik. 3. Print Bolak-Balik Secara Manual Halaman Genap dan Ganjil Cara ini bisa berguna saat kamu ingin mencetak dokumen seperti skripsi, jurnal dan makalah. Adapun caranya adalah seperti dibawah ini.  Buka dokumen yang telah siap untuk dicetak secara bolah-balik. Klik File dan pilih menu Print, atau bisa juga dengan shortcut  CRTL + P. Pada bagian Setting, pilih Print All Pages dan klik Only Print Odd Pages.  Kemudian klik Print untuk mencetak halaman bernomer ganjil. Setalah Cara Print Bolak-Balik di Microsoft Word Cara print bolak-balik halaman ganjil  halaman bernomer ganjil tercetak, balik kertas dan balik ke printer. Selanjutnya masih di Print All Pages pilih Only Print Even Pages untuk mencetak halaman bernomer genap.  Cara Print Bolak-Balik di Microsoft Word Cara print bolak-balik halaman genap   Nah itu tadi beberapa cara mencetak dokumen secara bolak-balik di microsoft word baik secara otomatis atau manual. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu, dan selamat mencoba.
Cara Print Bolak-Balik di Microsoft Word | Unsplash - Denise Jans

Cara Print Bolak Balik di Microsoft Word - Secara umum saat mencetak dokumen di microsoft word adalah berupa satu lembar satu halaman. Tapi tahu gaksih? Ternyata di microsoft word, kita dapat mencetak dokumen secara bolak-balik.

Mencetak dokumen secara bolak-balik memiliki banyak keuntungan. Seprti menghemat kertas dan juga menghemat pengeluaran uang. Contohnya adalah, jika awalnya kita inggin mencetak 100 halaman, maka kita hanya cukup membutuhkan  50 lembar kertas saja. Hal ini dikarenakan 2 halaman dicetak hanya 1 lembar kertas saja.

Untuk itu pada artikel ini akan membahas bagaimana caranya untuk mencetak halaman secara bolak-balik di microsoft word.

Baca Juga : Cara Membuat 2 Kolom Dalam Halaman Microsoft Word

Namun sebelum menyetak dokumen secara bolak-balik. Sebaiknya pastikan terlebih dahulu printer yang akan kamu gunakan memiliki fitur duplex printing. Namun, jika printer yang kamu gunakan belum memiliki fitur duplex printing, kamu bisa melakukannya dengan pengaturan manual.

Cara Print Bolak-Balik di Microsoft Word

Apabila printer yang kamu gunakan telah suport dengan fitur duplex printing maka kamu bisa langsung mencetak dokumen secara bolak-balik

1. Print Bolak-Balik Secara Otomatis

  • Buka dokumen yang telah siap untuk dicetak secara bolak-balik.
  • Klik File dan pilih menu Print, atau bisa juga dengan shortcut CTRL + P.
  • Setelah masuk pada menu Print, kemudian pada bagian Setting, ubah Print One Sided menjadi Print on Both Sides.
  • Terakhir klik Print untuk mencetak dokumen secara bolak-balik.

2. Print Bolak-Balik Secara Manual

  • Buka dokumen yang telah siap untuk dicetak secara bolak-balik.
  • Klik File dan pilih menu Print, atau bisa juga dengan shortcut CTRL + P.
  • Setelah masuk pada menu Print, kemudian pada bagian Setting,  ganti menjadi Manually Print on Both Sides.
    Cara Print Bolak-Balik di Microsoft Word
    Cara print bolak-balik secara manual
  • Terakhir klik Print untuk mencetak dokumen secara bolak-balik.

3. Print Bolak-Balik Secara Manual Halaman Genap dan Ganjil

Cara ini bisa berguna saat kamu ingin mencetak dokumen seperti skripsi, jurnal dan makalah. Adapun caranya adalah seperti dibawah ini.

  • Buka dokumen yang telah siap untuk dicetak secara bolah-balik.
  • Klik File dan pilih menu Print, atau bisa juga dengan shortcut  CRTL + P.
  • Pada bagian Setting, pilih Print All Pages dan klik Only Print Odd Pages.

  • Kemudian klik Print untuk mencetak halaman bernomer ganjil.
  • Setalah
    Cara Print Bolak-Balik di Microsoft Word
    Cara print bolak-balik halaman ganjil

    halaman bernomer ganjil tercetak, balik kertas dan balik ke printer.
  • Selanjutnya masih di Print All Pages pilih Only Print Even Pages untuk mencetak halaman bernomer genap.

    Cara Print Bolak-Balik di Microsoft Word
    Cara print bolak-balik halaman genap


Nah itu tadi beberapa cara mencetak dokumen secara bolak-balik di microsoft word baik secara otomatis atau manual. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu, dan selamat mencoba.



Post a Comment

Previous Post Next Post