Cara Menampilkan Ruler atau Garis Pembatas di Microsoft Word - Pada Microsoft Word terdapat fitur yang sangat berguna untuk mengatur suatu jarak paragraf, jarak tab dan jarak kolom. Fitur tersebut adalah Ruler atau penggaris, sebenarnya secara default fitur ini tidak diaktifkan. Seperti saat pertama kali Anda menginstal Microsoft Word pasti Anda tidak akan menemukan fitur ini.

Maka dari itu fitur ini perlu kita aktifkan terlebih dahulu supaya dapat digunakan. Banyak pekerjan yang memerlukan bantuan dari fitur ini seperti pembuatan makalah, skripsi, dan pembuatan dokumen lainya. Untuk mengatifkan fitur Ruler ini cukup mudah dan hanyak memerlukan beberapa tahapan saja.

Baca Juga : Cara Pint Halaman Tertentu di Microsoft Word

Cara Menampilkan Ruler atau Garis Pembatas di Microsoft Word


1. Yang harus Anda lakukan pertamakali adalah membuka Microsoft Word terlebih dahulu.
2. Setelah membukanya apakah tampilannya masih seperti gambar dibawah ini, jika iya maka memang fitur Ruler memang belum diaktifkan. 


3. Untuk mengaktifkannya Anda perlu pergi ke Ribbon View >> kemudian check pada Ruler.


4. Selah itu Ruler akan secara otomatis aktif.



 

Menganti Satuan Ukuran Pada Ruler

Saat Anda melihat satuan ukuran angka pada Ruler mungkin ukurannya tidak seperti yang Anda inginkan. Memang benar hal ini dikarenakan Microsoft menggunakan Inch untuk default satuan ukurannya. Tapi Hal ini dapat kita ganti sesuai satuan yang kita inginkan.

1. Pertama Klik  File >> Pilih Options.


2. Setelah Anda memilih Options maka Anda akan diarahkan ke Jendela baru yaitu Word Options. Pada bagian ini Pilih bagian Advanced. Selanjutanya secroll kebawah pada bagian Display ,cari tulisan "Show Measurements in units of : ", bagain  ini berfungsi untuk menganti satuan ukurannya. Disini terdapat beberapa pilihan diantaranya Inches, Centimeters, Milimeters, Points,Picas. Anda dapat memilihnya sesuai pilihan Anda.



Demikian tadi cara menampilkan atau mengaktifkan Ruler pada Microsoft Word sekaligus cara mengganti satuan ukurannya. 

Post a Comment

Previous Post Next Post